Kutai Barat

Latar Belakang

Suku Tenggarong Kutai. Data demografis, letak: Kalimantan Timur, populasi: 310.000 jiwa, orang kristen < 100 jiwa, bahasa Kutai, Alkitab: belum, film Yesus Kristus: belum, penginjilan radio: belum. Informasi Suku, agama mayoritas: Islam, dilayani: sudah, jemaat suku: belum.

Orang Tenggarong Kutai tersebar karena sering berpindah- pindah di sepanjang Pantai Timur Laut Provinsi Kalimantan Timur. Pusat mereka Tenggarong, Ibu Kota Kabupaten Kutai, Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini terletak di tepi Sungai Mahakam, empat puluh kilometer Barat Laut Samarinda. Tenggarong adalah kota tua dengan sejarahnya yang menarik. Dahulu, Tenggarong adalah Ibu Kota Kerajaan Hindu tertua di Indonesia yaitu kerajaan Kutai dengan rajanya yang terkenal, Mulawarman. Bahasa Tenggarong Kutai termasuk dalam rumpun Bahasa Melayu.

Orang Tenggarong Kutai mencari nafkah dengan bertani, menangkap ikan dan berburu selain itu beberapa masyarakat Tenggarong Kutai di pedalaman masih menganut sistim hukum adat. Mereka punya beberapa macam pemimpin yaitu kepala desa yang memimpin upacara adat, kepala keamanan, dan kepala yang bertugas menjaga harta pusaka dan warisan nenek moyang. Pemimpin-pemimpin adat yang berkaitan dengan pemerintahan disebut petinggi. Tenggarong sendiri pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Kutai Kartanegara. Oleh karena itu, di kota ini terdapat berbagai situs sejarah dan budaya seperti Istana Tenggarong. Gedung ini sekarang menjadi Museum Mulawarman yang menyimpan benda- benda peninggalan Kerajaan Kutai Martadipura dan Kutai Kartanegara.

Tenggarong Kutai kaya akan berbagai upacara adat. Salah satu upacara yang terbesar adalah Pesta Erau yang diadakan untuk merayakan berdirinya Kota Tenggarong. Perayaan ini berlangsung selama lima hari lima malam. Untuk merayakan pesta itu Orang Dayak datang berduyung- duyung dari kampung yang jauh terpencil untuk mempertunjukkan berbagai tarian yang menarik misalnya Kancet Pepati (tari perang), Kancet Ledo (tari  gong) Datun, Leleng, Gantar, dan Pili Tali, bagian yang paling penting dalam perayaan itu adalah acara melempar boneka naga ke Sungai Mahakam sebagai wujud meminta berkah kepada nenek moyang dengan harapan leluhur mereka akan memberikan kekayaan dan kemakmuran kepada orang Tenggarong Kutai. Dimasa lalu masyarakat Tenggarong mengenal lapisan- lapisan kelas sosial yaitu bangsawan, rakyat biasa dan budak. Kaum bangsawan biasa di sebut Kramas, Mas, Aji, Raden atau Pangeran Datu. Sekarang penghormatan diberikan kepada orang berdasarkan pendidikan dan kekayaan, bukan berdasarkan gelar kebangsawanannya.

Sekarang ini pendidikan yang lebih baik merupakan kebutuhan yang sangat mendesak bagi orang Tenggarong Kutai karena hanya sedikit dari mereka yang menyelesaikan Sekolah Menengah Umum (SMU) atau pendidikan lainnya yang lebih tinggi. Mereka juga perlu prasarana transportasi yang lebih baik agar penduduk desa yang terpencil bisa memasarkan hasil bumi dan komoditi mereka. Orang Tenggarong Kutai perlu bantuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, selain itu juga mereka memerlukan bantuan untuk mengelola sumber daya alam mereka.

 

Identifikasi Masalah

  1. Pada umumnya orang Tenggarong Kutai adalah Muslim, namun, dalam kehidupan sehari- hari mereka masih memuja roh- roh gaib.
  2. Benda- benda pusaka milik kerajaan dianggap keramat. Misalnya Mahkota Emas yang berhiaskan permata, Kalung Uncal, Kalung Arca Wisnu dan Kalung Dua Garuda.
  3. Inti kepercayaan Kutai adalah mencari perlindungan dari roh- roh yang disebut Sanghyang melalui mantra -mantra untuk menaklukkan serta menguasai roh- roh jahat.
  4. Pendidikan yang tidak berkualitas sehingga banyak putra daerah yang  tidak dapat menyelesaikan pendidikan S1, S2 dan S3. 
  5. Moral para pemimpin yang tidak berdasarkan Firman Tuhan.

  

Teknis Pelaksanaan

            Teknis pelaksanaan pemberitaan kabar baik tentang Tuhan Yesus Kristus ini adalah sebagai berikut:

  1. Bekerjasama dengan Gereja-gereja dan instansi pemerintah.
  2. Mengundang para masyarakat yaitu Orang-orang Percaya, Orang Kutai,  Tokoh-tokoh Adat dan Pimpinan Daerah.
  3. Mengadakan Seminar Kepemimpinan.
  4. Selanjutnya dilakukan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR).

 

Tujuan

Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) ini bertujuan untuk melaksanakan Amanat Agung. Yesus mendekati mereka dan berkata: “kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”. (Matius: 28:18-20).  

Visi dan Misi Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung yaitu “Reaching high for His Kingdom, going deep into His Words dan Melengkapi para pemimpin Kristen belajar mengasihi dan memimpin orang lain ke dalam kehidupan yang diubahkan dalam Kristus”.

 

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada;

            Hari/tanggal              : Minggu 29 Mei – Minggu 5 Juni 2011

            Tempat                       : Gereja-gereja dan Aula Rumah Sakit.

 

Program Kegiatan

Minggu, 29 Mei 2011

            Tim Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung (STTBB) terdiri dari Pdt. Dr. Harry Sudarma dan Kiven Keegen Kaeng melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta pada Pkl. 5.45 WIB  menuju Balikpapan tiba  Pkl. 8.45 WITA.  Kemudian dari Balikpapan melanjutkan perjalanan darat sekitar tiga jam ke Hotel Grand Victory Samarinda. Cuaca yang panas dan situasi orang-orang yang kurang bermoral, tidak beretika khususnya para pendatang dari Sulawesi Selatan orang Bugis dan Makassar menghiasi perjalanan Tim STTBB.  Di Samarinda Bpk Yessie Kristianto sebagai putra daerah yang memfasilitasi perjalanan Tim STTBB turut bergabung di dalam misi ini. Selain itu ada Bpk Ayok dan Sdr. Agus Salim sebagai supir. Setelah istirahat, Tim STTBB melanjutkan perjalanan darat sekitar satu jam dari Samarinda ke Tenggarong. Pdt. Dr. Harry Sudarma berkhotbah di Gereja Kemah Injil Tenggarong Pkl. 19.30 WITA.

Senin 30 Mei 2011

            Pertemuan Tim STTBB dengan Pdt. Filipus dan Pdt. Tony dari Gereja Bethel Indonesia di Hotel Grand Victory Pkl. 10.00 WITA membicarakan mengenai kebutuhan para pendeta untuk dilengkapi program Stratum Dua (S2) di STT Baptis Bandung. Kemudian Pkl. 13.00 WITA, Tim STTBB mengunjungi Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong (STTT) dengan tujuan untuk menolong dan bekerjasama dalam bidang pendidikan. Puji Tuhan mereka meresponi dengan baik dan harapan kedepan Pdt. Dr. Harry Sudarma akan membimbing STT Tenggarong.

Selasa, 31 Mei 2011

            Tim STTBB melanjutkan perjalanan Pkl. 09.00-17.30 WITA dari Samarinda menuju Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Tim STTBB melihat keadaan masyarakat yang sangat memprihatinkan dengan kondisi jalan yang rusak yang membuat perjalanan menjadi lambat. Tim STTBB istirahat di Hotel Nanrio dan bertemu dengan Bpk Yessie dan Ibu Risna calon mahasiswa S2 dan S3 untuk makan malam.

Rabu, 1 Juni 2011

            Pertemuan Tim STTBB dengan Pdt Stenli Gembala Sidang GBI Barong Tongkok pada Pkl.13.00 WITA membicarakan mengenai pendidikan dan KKR. Selanjutnya Pkl.17.00 WITA, Pdt. Dr. Harry Sudarma memberikan seminar mengenai Enam Prinsip kepemimpinan yang alkitabiah dari kehidupan Yusuf kepada pegawai, perawat Rumah Sakit Barong Tongkok. Kemudian Pkl. 20.00 WITA, Pdt. Dr. Harry Sudarma berkhotbah di ibadah khusus para pelayan untuk KKR GBI Barong Tongkok.

Kamis, 2 Juni 2011

            Ibadah Kenaikan Tuhan Yesus Kristus di GBI Barong Tongkok Pkl. 09.30 WITA, Kiven K.K diberi kesempatan menyampaikan Firman Tuhan. Tim STTBB kembali ke Hotel Nanrio untuk persiapan KKR. KKR dengan Tema ‘Laskar Kristus Siap Menghadapi Tantangan Zaman’ di GBI Barong Tongkok mulai Pkl.19.30 WITA dengan pengkhotbah Pdt. Dr. Harry Sudarma. Puji Tuhan KKR berlansung dengan baik dan Nama Yesus Kristus dimuliakan.

Jumat, 3 Juni 2011

            Tim STTBB melanjutkan perjalanan dari Sendawar Barong Tongkok menuju Kecamatan Bulsu sekitar 3 jam. Tim STTBB bertemu dengan Pdt. Martin Gembala sidang GPdI Muhur membicarakan tentang pendidikan di STT Baptis Bandung. Pkl. 19.30 WITA orang-orang percaya dari desa-desa telah berkumpul. Diantara para jemaat ada dua orang muslim yaitu Bpk Ayok dan Sdr. Agus ikut memuji Tuhan dan berdoa dalam KKR GPdI Muhur. Pdt Dr. Harry Sudarma berkhotbah dengan kuasa dari Tuhan Yesus Kristus membuat orang banyak pulang dengan berkat dari Tuhan. Tim STTBB melanjutkan perjalanan pulang ke Barong Tongkok dan istirahat di Hotel Nanrio.

Sabtu, 4 Juni 2011

Tim STTBB melakukan perjalanan dari Sendawar Barong Tongkok menuju pedalaman Kalimantan Timur di Muara Ponak. Pohon-pohon yang hijau, jalan yang belum diaspal, sungai-sungai yang berwarna kecoklatan, rumah-rumah panggung yang terbuat dari kayu uling menjadi pemandangan selama perjalanan. Tim STTBB tiba disambut dengan penuh keramahtamahan dari orang-orang percaya yang tinggal di Muara Ponak, kemudian orang-orang kampung berkumpul di pastori yang baru dibangun oleh mereka. Pkl 13.00 WITA, KKR Muara Ponak dimulai dan musik organ yang dihidupkan oleh listrik buatan masyarakat  dimainkan oleh Pdm Murry S.Th mengiringi puji-pujian untuk Yesus Kristus yang menggema ditengah-tengah kehenginan.  Jemaat yang haus akan kebenaran Firman Tuhan, mendengar  khotbah Pdt. Dr. Harry Sudarma dengan antusias walaupun cuaca begitu panas.

Kemudian Tim STTBB melanjutkan perjalanan dari Muara Ponak ke Samarinda dengan menggunakan jalur darat. Kondisi jalan yang belum diaspal masih berupa tanah merah membuat perjalanan terhambat karena hujan deras. Ketika melewati sebuah bukit tiba-tiba mobil tidak bisa melaju dikarenakan ban mobil yang tidak sesuai dengan medan yang membuat Tim STTBB harus berusaha keras untuk mendorong mobil melewati bukit tersebut yang jalannya sudah basah dan licin. Puji Tuhan Tim STTBB dapat melalui bukit tersebut, namun ternyata masih ada sebuah bukit yang lebih tinggi dari bukit yang pertama yang harus dilewati dan kali ini dengan semangat, Pdt. Dr. Harry Sudarma mengemudi mobil serta Bpk. Yessie, Bpk. Ayok, Sdr. Agus dan Sdr Kiven  kembali mendorong mobil agar dapat melalui bukit tersebut,  puji Tuhan atas anugerah-Nya kami bisa  melanjutkan perjalanan ke Samarinda sekitar sepuluh jam. Tim STTBB istirahat di Hotel Grand Victory dalam kondisi badan yang letih namun tidak dapat menghalangi Tim STTBB untuk memberitakan Injil Kristus.

Minggu, 5 Juni 2011

            Pdt. Dr. Harry Sudarma berkhotbah dalam Ibadah Minggu di Kerapatan Gereja Baptis Indonesia Anugerah Samarinda Pkl. 09.00 WITA. Setelah selesai ibadah Tim STTBB melanjutkan perjalanan ke Balikpapan bertemu dan makan malam bersama di rumah Bpk Eddy yang beralamat di Jl. Kompleks Total E& P Indonesia. Pada Pkl. 21.05 Tim STTBB melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta langsung menuju Bandung dan tiba Pkl. 01.00 WIB dengan selamat dalam pimpinan Tuhan.

 

Penutup

            Segala pujian dan hormat hanya bagi kemuliaan Tuhan Yesus Kristus. Demikian laporan Mission Trip Sekolah Tinggi Teologi Baptis Bandung. Atas perhatiannya kami mengucapkan banyak terima kasih. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati pelayanan kita bersama.

Salam kasih dalam Kristus

Kiven Keegen Kaeng

4 responses to “Kutai Barat

  1. Shalom dan selamat pagi/siang. Senang sekali dapat bertemu dan berkenalan dengan bapak/ibu.
    Kami dari penerbit buku dan majalah Rohani Yogyakarta. Memberi informasi Mengenai tawaran menulis buku, kami sampaikan bahwa penerbit ANDI sedang membuka program kerja sama dengan para hamba Tuhan melalui MoU Pribadi. Program ini sendiri baru kami laksanakan mulai Mei 2013 sehingga orang-orang yang nantinya bersedia (deal kerja sama) akan menjadi pionir yang dapat mendapatkan manfaat lewat program ini.
    Intinya, kami rindu untuk memfasilitasi para hamba Tuhan yang rindu menjadi berkat melalui buku yang diterbitkan melalui Penerbit ANDI Yogyakarta. Ada pun kriteria maupun syarat kerja sama tersebut kami lampirkan bersama e-mail ini, supaya bapak/ibu dapat membaca dan mempelajari lebih lanjut. Jika ada hal yang perlu ditanyakan, jangan segan untuk langsung menyampaikan supaya kami bisa mengetahui maupun berdiskusi mengenai hal tersebut.
    Mengenai Mou perorangan adalah penulis memesan buku dan menjualnya sendiri sebanyak 1000 eksempalar selama satu tahun. 1000 eksemplar bisa di ambil bertahab. Pertahap bisa diambil 350 eks atau 500 eks bahkan bisa di ambil sekaligus jika penulis membutuhkan. dan jika pesan banyak penerbit bisa menerbit lebih dari 1000 sesuai pemesanan. Dalam hal ini keuntungan MOU pribadai yang pertama adalah, penjualnya cepat jika penulis membantu menjualnya. kedua, penulis mendapat keuntungan dari penjualan buku yang dijualnya. Selain itu royalti diberikan kepada penulis oleh penerbit setiap 6 bulan sekali. penulis mendapat royalti 10% dari penerbit. Jika penulis memesan buku akan diberi diskon 30&. yang ketiga keuntungannya adalah penulis cepat dikenal oleh komunitas di mana mereka ,melayani. Yang terpenting dari bagian ini adalah buku dari penulis tentunya menjadi berkat bagi orang yang membacanya, sehingga nama Tuhan dipermuliakan. Jika penulis keberatan kami juga menawarkan 500 eks hanya resikonya di bukunya, artinya harga buku lebih mahal dari yang seribu.
    Penerbit juga akan membanatu mempromosikan penulis melalui toko-toko buku cabang-cabang Andi Offset di seluruh Indonesia dan menjualnya.
    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian bapak/ibu kami ucapkan terima kasih. Kami tunggu kabar dari bapak/ibu dan kiranya Tuhan membuka jalan supaya kerja sama dapat berlangsung.
    Dibawah ini kami melampirkan kriteria penulisan dan MoU perorangan. Silahkan di unduh untuk melihatnya.

    Kami juga melayani MOU Buku umum, seperti Psikologi, sejarah, matematika dan lain-lainnya, jika berminat segera menghubungi kami.

    Mohon maaf, jika ada nomor telphone(PIN BB) dan email atau twitter yang bisa kami hubungi untuk mempermudah komunikasi. Terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati.
    Hormat kami,

    Kirenius
    P&RD ANDI
    Jl. Beo 38-40 Yogyakarta 55281.

    Kirenius, S.PdK. (Staf PNRD).
    CP: 081327713987./088216104140
    0274-561881 (Eks. 208).
    Pin BB: 321B021B.
    E-mail: bukumajalahrohani@gmail.com/

    Catatan:
    Bagi bapak/ibu saudara/i yang ingin pesan buku-buku dan majalah rohani di penerbit Andi Offset Yogyakarta, hubungi staff kami di 081327713987/088216104140. Pin BB: 321B021B. Kirenius (Staf P&RD).Facebook. bukumajalahrohani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s