GAMBAR APA?

GAMBARAN ALLAH

Apakah kita mempunyai gambaran tentang Allah? Secara psikologi banyak yang mempunyai gambaran masing-masing tentang Allah misalnya ada yang berpikir bahwa Allah itu seperti seorang hakim yang adil dalam mengambil keputusan, guru yang baik dalam mengajar atau ayah yang baik selalu menolong dan menjaga anak-anaknya. Jadi gambaran tentang Allah tergantung  dan di pengaruhi oleh cara berpikir setiap pribadi. Tetapi bagaimanakah Alkitab mengajarkan tentang gambaran Allah? Kita bisa melihat di kitab Lukas 15.

Kita tahu bahwa didalam perjanjian lama sejak Kejadian 3, bahwa Allah mencari-cari Adam dan Hawa ketika mereka jatuh kedalam dosa. Sampai di dalam kitab terakhir didalam perjanjian baru, lima ayat terakhir menekan bahwa Allah tetap mencari-cari yang terhilang.

Marilah kita lihat apa yang di tulis Lukas 15 tentang gambaran Allah?

Pertama, Allah digambarkan sebagai gembala. Apabila ada seekor domba yang tersesat maka gembala ini tidak akan istirahat melainkan meninggalkan 99 ekor  dan mencari-cari yang tersesat sampai ketemu. TUHAN Yesus Kristus menekankan bahwa Allah secara aktif masih mencari-cari yang tersesat , ketika ketemu maka ada sukacita!

Kedua, digambarkan dirham yang hilang. TUHAN  Yesus Kristus menekankan lagi didalam perumpamaan itu bahwa ketika ketemu dirham yang hilang itu, terjadi sukacita.

Ketiga, Allah digambarkan sebagai Bapa. Perumpamaan yang sangat luar biasa dimana TUHAN Yesus Kristus menceritakan kisah mengenai situasi indah mengenai Bapa yang berada ditempatnya yang dahsyat, terus-menerus mencari anak bungsu yang hilang. Seorang Bapa yang naik diatap/ tingkat rumah yang tinggi setiap hari melihat jauh kedepan arah anaknya akan datang. Ketika anaknya datang Bapa berlari menyambut anaknya dengan sukacita.

Luk 15:11  Yesus berkata lagi: “Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki.

Luk 15:12  Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka.

Luk 15:13  Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya.

Luk 15:14  Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan iapun mulai melarat.

Luk 15:15  Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya.

Luk 15:16  Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorangpun yang memberikannya kepadanya.

Luk 15:17  Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan.

Luk 15:18  Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa,

Luk 15:19  aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa.

Luk 15:20  Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.

Luk 15:21  Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa.

Luk 15:22  Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya.

Luk 15:23  Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita.

Luk 15:24  Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria.

Luk 15:25  Tetapi anaknya yang sulung berada di ladang dan ketika ia pulang dan dekat ke rumah, ia mendengar bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian.

Luk 15:26  Lalu ia memanggil salah seorang hamba dan bertanya kepadanya apa arti semuanya itu.

Luk 15:27  Jawab hamba itu: Adikmu telah kembali dan ayahmu telah menyembelih anak lembu tambun, karena ia mendapatnya kembali dengan sehat.

Luk 15:28  Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia.

Luk 15:29  Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku.

Luk 15:30  Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia.

Luk 15:31  Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu.

Luk 15:32  Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali.”

 

Didalam Injil dituliskan bahwa TUHAN Yesus Kristus berkeliling mencari-cari yang tersesat dan hilang untuk diselamatkan. Gambaran Allah diumpamakan seperti Bapa yang mencari-cari yang tersesat dan hilang supaya mereka memperoleh keselamatan. Bagaimana dengan kita? Apakah sudah menjadi anak-anak-Nya? Jika kita sebagai anak-Nya, kita mempunyai tugas untuk mencari-cari yang hilang dan tersesat. Kita bekerja untuk kemuliaan nama Bapa kita, TUHAN Yesus Kristus yaitu Nama diatas segala nama, Raja diatas segala raja, Tuhan diatas segala tuhan.

Marilah kita berdoa, Bapa surgawi terima kasih untuk kasih karunia-Mu, saya minta ampun atas dosa-dosaku, saya menerima engkau sebagai TUHAN dan juruselamatku secara pribadi saat ini, didalam nama TUHAN Yesus Kristus Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s