Knowing God

KNOWING GOD 

Ringkasan

 

Mengenal Allah

Telaah tentang Allah

            Tidak ada Subjek perenungan yang akan membuat pikiran lebih rendah hati dibandingkan dengan pemikiran tentang Allah. Telaah yang paling baik untuk mengembangkan jiwa adalah pengetahuan tentang Kristus, dan salib-Nya, serta pengetahuan tentang ke-Allah-an dalam trinitas yang mulia.

            Prinsip dasar pengetahuan tentang Allah adalah sebagai berikut

  • Allah telah telah berbicara kepada manusia dan Alkitab adalah Firman Allah.
  • Allah itu Tuhan dan Raja atas dunia yang Ia ciptakan.
  • Allah itu Juru Selamat, aktif dalam Kasih-Nya melalui Kristus.
  • Allah adalah Tritunggal.
  • Kesalehan berarti menanggapi penyataan Allah dengan kepercayaan dan ketaatan, iman dan penyembahan, doa dan pujian, penyerahan diri dan pelayanan.

Orang-orang yang mengenal Allah mereka

            Paulus, Yang kuhendaki ialah mengenal Dia (Fil. 3:7-10).  Ia menganggap segala hal yang hilang darinya sebagai sampah atau kotoran (KJV). menunjukkan betapa sedikitnya pengetahuan kita yang sejati tentang Allah. Bukti mengenal Allah empat proposisi kesaksian kitab Daniel

  • Orang-orang yang mengenal Allah memiliki energy yang besar untuk-Nya.
  • Memiliki pemikiran-pemikiran besar tentang Allah.
  • Menunjukkan keberanian yang besar bagi Allah.
  • Memiliki kepuasan yang besar di dalam Allah.

Mengenal dan Dikenal

            Hidup kekal yang dikaruniakan Kristus, pengenalan akan Allah (Yoh.17:3). Yang membuat kehidupan ini berharga adalah jika kita mempunyai tujuan yang besar, sesuatu yang menarik imajinasi dan menggenggam kesetiaan kita. Tujuan kita yang mulia, lebih tinggi dan lebih menciptakan dorongan untuk mengenal Allah. Kita mengenal Allah hanya melalui satu cara yaitu melalui Yesus Kristus yang adalah Allah sendiri yang menjelma menjadi manusia (Yoh. 1:14; 14:6,9). Bukan sekedar mengenal bahwa kita mengenal Allah, melainkan bahwa Ia mengenal kita.

Satu-satunya Allah yang benar

            Berpusat pada pribadi dan karya Tuhan Yesus Kristus yang menyatakan kebenaran tentang sifat kasih karunia Allah. Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus (Yoh.17:3).

Allah Berinkarnasi

            Allah – Manusia didalam pribadi Yesus Kristus (Yoh 1:1-3, 14). Lahir di Betlehem, lahir untuk mati dan membatasi keilahian-Nya (Fil. 2:7)

Ia akan bersaksi

            Kristus bersaksi tentang Bapa dan kedatangan Roh Kudus bagi iman, dalam kehidupan dan kesaksian orang percaya.

Lihat Allahmu

Allah tidak berubah

            Kehidupan Allah tidak berubah karena Allah ada dari Kekal (Mzm. 93:2), Raja yang kekal (Yer. 10:10), Allah yang tidak fana (Rm. 1:23), satu-satunya yang tidak takluk kepada maut (1 Tim. 6:16). Karakter Allah tidak berubah (Kel. 3:14-15; Yak. 1:17). Kebenaran Allah tidak berubah (Yes. 40:6-8; Mzm. 119:89, 151-152). Jalan-jalan Allah tidak berubah. Rencana Allah tidak berubah (I Sam. 15:28; Bil 23:19). Anak Allah tidak berubah (Ibr. 3:8; 7:25).

Keagungan Allah

            Bahasa latin keagungan adalah kebesaran. Allah tidak ada batasn dan tidak dapat dibandingkan (Mzm. 139).

Hanya Allah yang Bijaksana

            Hikmat merupakan kualitas moral dan intelektual, bukan sekadar kepandaian, kecerdikan, intelegensi dan pengetahuan semata. Tetapi kemampuan untuk melihat dan kecenderungan untuk memilih tujuan yang tertinggi dan terbaik, serta dengan sarana paling pasti untuk merainya. Hanya Allah yang bijaksana tidak ada yang lain, kita menjadi bijaksana karena anugerah dari Allah.

Hikmat Allah dan Hikmat Kita

            Beriman kepada Kristus, Allah memberikan hikmat kepada orang yang berdoa kepada-Nya (I Kor. 3:18). Orang percaya dalam proses pengudusan hidup. Hikmat dari Allah akan menyertai kita, sehingga kita terikat dengan diri-Nya yang menemukan dalam ekspresinya dalam roh iman dan kehidupan yang setia.

Firman-Mu itu Kebenaran

            Allah yang menciptakan seluruh alam semesta raya dan segala isinya (Kej. 1). Kebenaran Firman Allah absolute sehingga perintah dan janji-janji Allah itu benar (Ibr. 10:23). Kita harus percaya dan taat pada kebenaran Firman Allah.

Kasih Allah

            Allah adalah kasih (I Yoh. 4:11). Menunjukkan pada roh, tidak mempunyai tubuh, tidak mempunyai hawa nafsu, dan terang. Kasih Allah adalah praktik kebaikan-Nya kepada orang berdosa (general and individu) melalui pengaruiaan Anak-Nya menjadi Juru Selamat dunia tetapi efektif bagi mereka yang percaya kepada-Nya (Yoh.3:16).

Kasih Karunia Allah

            Tidak memahami kasih karunia dampak pada hilangnya atau sakitnya moral seseorang, keadilan retributive Allah, ketidakberdayaan rohani manusia dan kebebasan Allah yang berdaulat.  Tidak didapat dari usaha manusia melainkan Anugerah Kristus. Kasih karunia adalah sumber pengampunan dosa, sebagai motif dari rencana keselamatan dan jaminan perlindungan terhadap orang kudus.  Allah menyatakan kehendak-Nya bahwa orang menerima kasih karunia harus memberi diri mereka melakukan “perbuatan baik” (Ef. 2:10; Tit. 2:11).

Allah sebagai Hakim

            Bapa atau Yesus adalah hakim yang benar dan adil (Kej. 18:25). Allah akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi, sesuai dengan Injil yang kuberitakan (Rm. 2:16). Karakteristik Hakim adalah orang yang memiliki otoritas, melakukan baik dan benar, memiliki hikmat untuk menemukan kebenaran dan memiliki kekuasaan untuk melakukan penghukuman.

Murka Allah

            Murka Allah menunjukkan tindakan Allah yang pasti dalam menghukum dosa (Rm. 5:9;2:5). Murka Allah dinyatakan dari surge untuk menentang segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman (Rm. 1:18). Percaya dan beriman kepada Kristus merupakan pelepasan dari murka Allah.

Kemurahan dan Kekerasan

            Pernyataan kesempurnaan moral Allah sebagai penggenapan janji-Nya menunjukkan seluruh kemurahan-Nya (Kel. 33:19). Mengucap syukur kepada Allah atas kemurahan-Nya (Mzm. 107). Bagi orang yang tidak percaya kepada Allah secara otomatis terjadi keterpisahan dengan Kristus (Rm. 11:20). Setiap pernyataan kemurahan Allah berdiri ancaman kekerasan hukuman jika kemurahan itu diremehkan.

Allah yang Cemburu

            Bersifat antropomorfis yaitu penjelasan tentang Allah dalam bahasa yang disimpulkan dari kehidupan kita sebagai manusia. Murka Allah menyatakan kebenaran-Nya dalam tindakan yuridis yang tepat sedangkan manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah (Yak.1:20). Kecemburuan menuntun Dia untuk menghakimi dan menghancurkan orang yang tidak setia, berbuat dosa dan menyembah berhala (Ul. 6:14; Yos. 24:19; Zef. 1:18). Cemburu untuk mempertahankan nama-Nya yang kudus (Yeh. 39:25).

Jika Allah di pihak Kita

Intisari Injil

            Pendamaian adalah meredakan murka Allah melalui persembahan-mengalir sepanjang-mengalir sepanjang Alkitab. Yesus Kristus telah ditentukan Allah menjadi pendamaian karena iman, dalam darah-Nya (Rm. 3:21-26). Pendamaian adalah karya Allah sendiri (Kol. 1:20), dikerjakan melalui kematian Yesus Kristus dan menyatakan kebenaran serta kemuliaan Allah (II Kor 4:6). Begitu pentingnya Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus (Mat. 28:18-20) dan peran Allah Roh Kudus yang menyertai orang percaya kekal selama-lamanya (Kis. 1:8).

Anak-anak Allah

Hubungan Bapa dan Kristus menurut Injil Yohanes kebapaan menyiratkan otoritas (Yoh. 6:38), kasih sayang (Yoh. 5), persekutuan (Yoh. 16) dan kehormatan (Yoh. 17:1; 5:22-23). Ketika beriman dan percaya kepada Kristus kita di adopsi. Adopsi merupakan hak istimewa tertinggi (Kis. 2:38; 3:19) dan dasar untuk kehidupan kita (Mrk. 3:35). Adopsi muncul dalam Khotbah di Bukit sebagai dasar tingkah laku Kristen, dasar doa Kristen (Mat. 6:9), dan dasar kehidupan iman (Mat. 6:25). Adopsi menunjukkan kepada kita kebesaran Allah (Rm. 5:8), kemuliaan pengharapan Kristen (Rm. 8:16), pelayanan Roh Kudus (Gal. 4:6; Rm. 8:15), arti dan motif kekudusan Injil (Ef. 1:3) dan melihat jalan kita melalui problem jaminan (Rom. 8:29; 38-39).

Engkau penuntun Kami

            Tuntunan Allah terletak pada fakta dasar tentang realitas rencana Allah bagi kita (Ez. 1:1; Luk 18:31; Yoh 4:34; Kis. 21-22; I Tim 1:16; Ibr. 10:7-9) dan kemampuan Allah berkomunikasi dengan kita. Perangkap umum cukup berharga untuk kita perhatian yaitu keengganan untuk  berpikir kedepan (Ul. 32:29), meminta nasihat (Ams. 12:15), mencurigai diri sendiri (Mzm. 139), mengabaikan magnetism pribadi (I Tes. 5:21) dan untuk menunggu menantikan Tuhan. Cepat atau lambat tuntunan Allah membawa kita keluar dari kegelapan menuju terang kebenaran Kristus.   

Pencobaan dari dalamHati ini

            Pencobaan datang dari keinginan-keinginan sendiri bagi mereka bukan orang percaya tetapi bagi orang percaya pencobaan datang dari luar yaitu si jahat.  Kuasa Roh Kudus yang berdiam di dalam kita akan memampukan kitauntuk mengatasi dosa-dosa yang sebelumnya menguasai kita. Allah yang setia menolong orang percaya bagaikan seorang gembala menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya (Yes. 40:11).

Kecukupan Allah

Kecukupan kasih karunia Allah untuk menyelesaikan seluruh rangkaian keadaan yang sulit, rasa bersalah dan kuasa dosa, fakta maut, ketakutan untuk menghadapi kekudusan Allah, kelemahan dan keputusasaan saat menghadapi penderitaan, kelumpuhan dalam doa dan perasaan bahwa kehidupan itu tidak berarti dan tidak memiliki pengharapan (Rom. 8).

Karunia-karunia yang diberikan Allah kepada semua orang percaya yang ada di dalam Tuhan Yesus Kristus

  • Kebenaran. Tidak ada lagi penghukuman (Rom 8:1)
  • Roh kudus. (Rom 8:4-27)
  • Hal menjadi anak Allah. Adopsi ke dalam keluarga Allah di mana Tuhan Yesus Kristus menjadi yang sulung (Rom.8: 14-19, 29).
  • Keamanan sekarang dan selamanya (Rom. 8:28-39).

Kecukupan kasih karunia Allah menglikupi semua orang percaya sehingga Engkau menuntun aku dengan nasihat-Mu dan kemudian Engkau akan membawa aku ke dalam kemuliaan.

Jika Allah di pihak kita, siapakah yang melawan kita, tidak ada lawan yang pada akhirnya dapat menghancurkan kita. Allah penyayang, pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya (Kel. 34:6). Allah yang dinyatakan oleh Anak Tunggal-Nya yang ada di pangkuan-Nya (Yoh. 1:18). Ia adalah Allah yang berbicara untuk menyatakan kedaulatan-Nya (Yes. 46:9-10).

Kita menemukan bahwa Allah yang ada “di sana” untuk kita kenal adalah Allah yang dinyatakan di dalam Yesus Kristus, Allah Tritunggal dalam pengajaran Kristen secara historis. Kami menyadari bahwa pengenalan akan Dia dimulai dengan mengenal tentang Dia. Jadi, kita mempelajari karakter dan jalan-jalan-Nya yang dinyatakan dan mulai mengenal kebaikan dan kekerasan-Nya, murka-Nya dan kasih karunia-Nya.

Mengenal Allah melibatkan hubungan pribadi di mana Anda menyerahkan diri kepada Allah berdasarkan janji-Nya untuk memberikan diri-Nya kepada Anda. Mengenal Allah berarti meminta kemurahan-Nya dan bersandar pada tindakan-Nya mengampuni orang-orang berdosa demi Tuhan Yesus Kristus.

Mengenal Allah berarti menjadi murid Kristus, Juru Selamat yang hidup yang ada “di sana” hari ini, dan memanggil orang-orang yang membutuhkan kepada diri-Nya seperti yang Ia lakukan di Galilea pada saat Ia hidup di bumi. Melibatkan iman, persetujuan, kesediaan, komitmen dan menyatakan diri dalam doa dan ketaatan.

Hatiku mengikuti firman-Mu: “Carilah wajah-Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN (Mzm. 27:8).

Segala pujian dan hormat hanya bagi kemuliaan TUHAN Yesus Kristus.

Panduan Studi

            Tujuan panduan ini adalah untuk membantu ‘pohon yang sakit’ dari kekristenan untuk mencerna makanan yang mengandung banyak vitamin atau tanpa metafora, untuk membantu kelompok-kelompok Kristen mengenal dan menerapkan kebenaran teologi Alkitab yang penting.

KNOWING GOD

Penulis

James Innel Packer, dikenal sebagai teolog terbesar abad 20. Sekarang, Pria kelahiran Kanada 22 Juli 1926 ini adalah guru besar senior di Regent College, Vancouver, Kanada.

            Saat masih mahasiswa, ia bertemu C.S. Lewis yang mengajarnya tentang hal-hal rohani dan yang sampai sekarang memengaruhi tulisan-tulisannya.

            Selain buku Knowing God. Buku yang menjadi acuan banyak orang Kristen saat ini mendalami tentang Sang Pencipta. Ia aktif menulis banyak buku. Ia juga editor utama Alkitab English Standard Version dan editor injili dalam Alkitab Revised Standard Version.

            Buku ini terjual lebih dari satu juta kopi.  J.I. Packer, Knowing God diterbitkan ANDI offset, Yogyakarta cetakkan ke 4 bulan Mei tahun 2008, jumlah halaman 363.

Komentar

            Dr. Packer berkemampuan langka untuk berhubungan menyeluruh dengan kebenaran spiritual dasar dalam tataran praktik. Buku ini membantu setiap pembaca memahami lebih tepat salah satu kebenaran terbesar Alkitab. By Dr Billy Graham.

Tuhan Yesus Kristus adalah juruselamat seluruh umat manusia tetapi efektif bagi mereka yang percaya dan beriman kepada-Nya.

By Kiven Keegen Kaeng. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s